cover
Contact Name
Jakiatin Nisa
Contact Email
sosiodidaktika.fitk@uinjkt.ac.id
Phone
+6221-7401925
Journal Mail Official
sosiodidaktika.fitk@uinjkt.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jl. Ir. H. Juanda, No. 95, Ciputat, Tangerang 15412 http://jounal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK Email: sosiodidaktika.fitk@uinjkt.ac.id
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal
ISSN : 23561386     EISSN : 24429430     DOI : 10.15408
Sosio Didaktika: Social Science Education Journal publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, master students’ theses research, and doctoral students’ dissertations research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on integrated social sciences, history, economics, sociology, geography, and other relevant social sciences.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2021)" : 6 Documents clear
Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK dalam Menunjang Kinerja Guru Ekonomi SMA Se-Kota Sintang Maria Ulfah; Munawar Thoharudin; Fatkhan Amirul Huda
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/sd.v8i2.25285

Abstract

Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah melalui pendidikan. Baik pembelajaran dilakukan secara offline maupun online, media pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembelajaran. Media pembelajaran dapat membantu menyampaikan materi pelajaran dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis TIK dalam pembelajaran ekonomi untuk menunjang kinerja guru SMA se-Kota Sintang. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SMA se-Kota Sintang, Kalimantan Barat. Subjek penelitian ini adalah seorang guru ekonomi pada sebuah SMA di kota Sintang. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, studi pustaka, angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, tahapan perancangan meliputi Pemilihan Media, Penyusunan Instrumen Penilaian dan Perancangan Awal; Perencanaan Media Pembelajaran meliputi observasi, pembuatan desain, dan pembuatan media; Pengoperasian Media Pembelajaran dilaksanakan pada siswa kelas XI IPS semester gasal tahun 2021/2022; Evaluasi Media Pembelajaran diperoleh dari hasil validasi ahli media dan ahli materi untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran.Secara keseluruhan media pembelajaran masuk kategori baik, Guru terbantu dengan terdapatnya media pembajaran  tersebut, siswa mudah mengoperasikan mediauntuk belajar apalagi dalam belajar daring
Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus: SMP Negeri 3 Kota Tangerang Selatan) Rohayatun Rohayatun; Anissa Windarti; Moch. Noviadi Nugroho
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/sd.v8i2.25435

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam proses pembelajaran pada program belajar dari rumah dimasa pandemi Covid-19 berdasarkan latar belakang sosial ekonomi orang tua, terutama dalam pemenuhan kebutuhan media pembelajaran e-learning peserta didik, pendampingan orang tua selama proses pembelajaran dan pembagian waktu orang tua dalam membantu proses belajar peserta didik, mencari pendapatan dan partisipasinya dalam masyarakat. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi penelitian kualitatif dengan strategi penelitian naratif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Guru, Peserta Didik, dan Orang Tua SMP Negeri 3 Kota Tangerang Selatan, dimana jumlah naramsumber dalam penelitian ini ada 36 narasumber yang terdiri atas 5 Ayah, 9 Ibu, 20 Peserta Didik dan 2 Guru Wali Kelas. Teknik analisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan teknik keabsahan data triangulasi.Peran Orang Tua dalam proses pembelajaran selama pandemi Covid-19 berdasarkan latar belakang sosial ekonominya adalah mencari nafkah sebagai upaya dalam pemenuhan kebutuhan Peserta Didik seperti fasilitas pembelajaran dan kuota, membimbing serta mengawasinya. Orang Tua dengan pendapatan dan pendidikan tinggi lebih mudah dalam memenuhi fasilitas belajar Peserta Didik dan mudah dalam menyesuaikan materi pelajaran. Partisipasi Orang Tua dalam masyarakat tidak mengganggu peran Orang Tua selama pembelajaran dimasa pandemi Covid-19.
Keterampilan Berpikir Spasial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala Muhammad Hafizul Furqan; Hafizul Azmi; Fitriani Yulianti
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/sd.v8i2.25436

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir spasial mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK. Keterampilan berpikir spasial dapat dibangun melalui pembelajaran geogarfi. Berpikir spasial merupakan kemampuan proses berpikir seseorang dalam mengenal kondisi ruang tertentu. Berpikir spasial memberikan keuntungan terhadap seseorang agar mampu memanfaatkan informasi keruangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi angkatan 2018 yang berjumlah 53 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kecerdasan spasial menggunakan kisi-kisi Spatial Thingking Ability Test (STAT). Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kategori keterampilan berpikir spasial mahasiswa jurusan Pendidikan geografi lebih dominan pada kategori sedang dengan persentase sebesar 37,90%. Indikator yang paling tinggi persentasenya pada variabel keterampilan berpikir spasial adalah indikator gradien yakni membayangkan profil lereng berdasarkan peta topografi dengan tingkat persentase yang tergolong tinggi yaitu sebesar 88,68%. Sementara indikator dengan tingkat persentase yang tergolong rendah terdapat pada variabel koordinat yakni memahami letak objek berdasarkan koordinat melalui garis grid pada peta dengan persentase sebesar 50,94%. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir spasial melalui pembelajaran mata kuliah yang memiliki teori-teori yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir spasialnya 
Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Tingkat Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Al-Kamiliyyah Boarding School Wulan Dewi Anggasari; Muhammad Arif; Jakiatin Nisa
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/sd.v8i2.25433

Abstract

Penelitian ini mengenai pengaruh model pembelajaran generatif, bertujuan untuk memperoleh data mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran generatif terhadap tingkat keaktifan siswa. Untuk memperoleh data yang akurat, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu (Quasi Ekperiment). Berhubung subjek penelitian ini adalah peserta didik, maka penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dikarenakan akan ada faktor lain yang memengaruhi hasil penelitian yang berasal dari subjek penelitian itu sendiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Al-Kamiliyyah Boarding School. Teknik pengambilan sampel dengan proporsive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan instrumen penilaian keaktifan. Instrumen angket yang telah diuji validitas dan validitas konstruk sebanyak 22 pernyataan. Sedangkan analisis data menggunakan tabel empat pengkategorian, kemudian dianalisis secara deskriftif. Hasil dari data penelitian yang telah dihitung menggunakan software SPSS version 21 didapat, kelas eksperimen (VII E) menghasilkan rata-rata pretest 63,38 dan post-test 76,57 diperoleh gain sebesar 0,229 artinya mengalami peningkatan dengan kategori Low. Pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest 61,52 dan post-test 63,67 dengan hasil analisa gain -0,411 yang artinya tetap ada peningkatan dengan kategori Decrease. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran generatif dalam mata pelajaran IPS memberikan pengaruh pada tingkat keaktifan siswa dengan kategori low.
Hubungan Keaktifan Siswa Dan Fasilitas Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas X Sma Negeri 7 Kota Banda Aceh Muhammad Iqbal; Novia Zalmita; Muhammad Okta Ridha Maulidian
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/sd.v8i2.25045

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara keaktifan siswa dan fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 7 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Banda Aceh dengan jumlah sampel 88 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan uji korelasi nonparametrik dan uji hipotesis untuk mengetahui besarnya koefisien keeratan hubungan antar variabel serta untuk menguji signifikansi koefisien korelasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikemukakan bahwa nilai koefisien regresi ganda  = 70,92 + 0,08  + 0,03, koefisien korelasi keaktifan siswa dengan hasil belajar sebesar 0,47 pada kategori sedang, koefisien korelasi fasilitas belajar dengan hasil belajar sebesar 0,30 pada kategori rendah dan koefisien korelasi keaktifan siswa dan fasilitas belajar dengan hasil belajar secara bersama-sama sebesar 0,28 pada kategori rendah. Uji signifikansi menunjukkan bahwa  >  atau 4 > 1,96 (keaktifan siswa dan fasilitas belajar dengan hasil belajar)  yang berarti Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa dan fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 7 Kota Banda Aceh
Implementasi Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Tsanawiyah Noor Fatmawati; Mu'ayyadah Mu'ayyadah; Dany Miftah Nur
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/sd.v8i2.24920

Abstract

Authentic assessment as a form of assessment in the 2013 curriculum. The object of study is through the implementation of an authentic assessment, the constraints and solutions proposed for each problem. One of the reasons for this gap is the multi-character, multi-understanding factor and the students. Basically, the method of interviewing and observing social studies teachers is called descriptive qualitative research. This study aims to reveal authentic assessments and understand the situation in the field how authentic assessments are carried out. In addition, the potential difficulties encountered during the assessment by the teacher and the solutions determined. The results show that social studies teachers at MTs NU Miftahul Falah Kudus have a perception of authentic assessment that has 3 components, namely knowledge, skills, and attitudes. However, it still has several obstacles, namely the limited skills of teachers in learning variations, lack of enthusiasm of students, material that is difficult to understand, problems in learning media, application of evaluation systems, and limited facilities. The solution is teacher openness in assessment, namely: teachers must be transparent in assessing.

Page 1 of 1 | Total Record : 6